Setup Menus in Admin Panel

DIP 2024

Download SK DIP Kota Surakarta Tahun 2024

 

DAFTAR INFORMASI PUBLIK
PEMERINTAH KOTA SURAKARTA TAHUN 2024

A. INFORMASI WAJIB DIUMUMKAN SECARA BERKALA

NoJenis InformasiRingkasan InformasiPejabat yang Menguasai Informasi Penanggung Jawab InformasiWaktu Pembuatan InformasiBentuk Informasi yang tersediaJangka Waktu Penyimpanan Jenis Media yang memuat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
Informasi tentang Profil Badan Publik
a
Kedudukan/ domisili beserta alamat lengkapBerisi tentang kedudukan, domisili, alamat lengkap Pemerintah Kota Surakarta di Jalan Jenderal Sudirman no 2 SurakartaPPID Kota SurakartaPPID2024SoftfileSelama berlaku http://ppid.surakarta.go.id/informasi/kedudukan-domisili-beserta-alamat-lengkap/
b
Visi dan MisiVisi

"MEWUJUDKAN SURAKARTA SEBAGAI KOTA BUDAYA YANG MODERN, TANGGUH, GESIT, KREATIF DAN SEJAHTERA"

MISI :

Pertama, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang berkelanjutan.

Kedua, memperkuat pertumbuhan ekonomi yang adaptif dan berkelanjutan.

Ketiga, mewujudkan tata ruang dan infrastruktur kota yang mendukung pemajuan kebudayaan dan pariwisata berkelanjutan.

Keempat, meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dan masyarakat umum, di bidang pendidikan, ekonomi, seni budaya, dan olahraga.

Kelima, mengembangkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang gesit dan kolaboratif berlandaskan semangat gotong royong dan kebinekaan.

Keenam, mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bersama warga kota yang berkeadilan dan inklusif.

Ketujuh, mewujudkan daerah yang kondusif dan kerukunan antar umat beragama dalam tata kehidupan bermasyarakat yang saling menghormati.
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota SurakartaPPID2024SoftfileSelama berlakuhttp://ppid.surakarta.go.id/visi-dan-misi/
c
Tugas dan FungsiMemuat informasi berkaitan dengan tugas dan fungsi Pemerintah Kota Surakarta sesuai dengan
1) Perwali Nomor 40 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas
2) Perwali Nomor 41 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Daerah
3) Perwali Nomor 42 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan
4) Perwali Nomor 43 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Inspektorat
5) Perwali Nomor 25.6 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan
PPIDPPID2024SoftfileSelama berlaku http://ppid.surakarta.go.id/informasi/tugas-dan-fungsi/
d
Struktur OrganisasiMemuat Informasi tentang Struktur Organisasi perangkat daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota SurakartaPPIDPPID2024SoftfileSelama berlaku http://ppid.surakarta.go.id/informasi/struktur-organisasi-tugas-wewenang-dan-fungsi/
e
Profil Pimpinan Pemerintah Kota SurakartaBerisi informasi profil pimpinan Pemerintah Kota Surakarta, yaitu:
a. Walikota
b. Wakil Walikota
c. Sekretaris Daerah
Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Setda Kota SurakartaPPID2024SoftfileSelama berlakuhttp://ppid.surakarta.go.id/informasi/profil-pimpinan-pemerintah-kota-surakarta/
f
LHKPNData LHKPN Pejabat Walikota, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah, Pejabat lainnya yang telah diperiksa, diverifikasi, dan diumumkan oleh KPKBKPSDM Kota SurakartaPPID2024SoftfileSelama berlaku https://ppid.surakarta.go.id/informasi/lhkpn
2
Ringkasan Informasi tentang program dan/atau kegiatan yang sedang dijalankan dalam lingkup Badan Publik
a
Nama Program/kegiatan;Mengurai program dan kegiatan utama Pemerintah Kota Surakarta dan Organisasi Perangkat Daerah yang disajikan secara berkesinambungan dan dapat diakses oleh publikBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlaku
    a. Nama program/ kegiatan; https://ppid.surakarta.go.id/informasi/nama-programdankegiatan/

b
Penanggungjawab atau pelaksana program dan kegiatan;Memuat penanggungjawab dan pelaksana program dan kegiatan utama Pemerintah Kota Surakarta dan Organisasi Perangkat Daerah yang dijabarkan secara user friendly sehingga mudah tersaji dan mudah dipahamiBadan Pengelola Keuangan Aset Daerah Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakub. Penanggungjawab atau pelaksana program dan kegiatan; https://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/penanggungjawab-pelaksanan-programdankegiatan
c
target dan/atau capaian program dan kegiatan;Memuat pada target dan capaian program dan kegiatan utama pemerintah Kota Surakarta dan Organisasi Perangkat Daerah yang disajikan dalam kurun waktu 5 tahun sesuai dengan visi dan misi kepala daerahBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakuc. Target dan/atau capaian program dan kegiatan; https://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/target-dan-capaian-program-kegiatan
d
Jadwal Pelaksanaan program dan kegiatan;Memuat jadwal pelaksanaan program dan kegiatan utama Pemerintah Kota Surakarta dan Organisasi Perangkat Daerah disusun sesuai dengan arah dan tujuan kepala daerah dalam memimpin selama menjabatBadan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakud. Jadwal pelaksanaan program dan kegiatan; https://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/jadwal-pelaksanaan-program-dan-kegiatan
e
Anggaran program dan kegiatan yang meliputi sumber dan jumlah;Jumlah Anggaran dan sumber pembiayaan yang tersedia untuk pelaksanaan program dan kegiatan pada Perangkat Daerah di Kota SurakartaBadan Pengelola Keuangan Aset Daerah Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakue. Anggaran program dan kegiatan; https://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/sumber-dan-besaran-anggaran
f
Agenda penting terkait pelaksanaan tugas Badan PublikMenyajikan agenda Pemerintah Kota Surakarta dan Perangkat Daerah yang disusun sesuai arah dan tujuan kepala daerah dalam memimpin selama menjabat Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Setda Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakuf. Agenda penting terkait pelaksanaan tugas Badan Publik; https://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/agenda-penting-badan-publik
g
Informasi khusus lainnya berkaitan dengan hak-hak masyarakatMenyajikan jenis-jenis pelayanan yang dimiliki oleh jajaran Pemerintah Kota Surakarta dan perangkat daerah sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi masing-masingPPID Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakug. Informasi khusus lainnya berkaitan dengan hak-hak masyarakat; https://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/informasi-khusus-hak-masyarakat
h
Informasi tentang penerimaan calon pegawai dan/atau pejabat Badan PublikInformasi tentang penerimaan dan proses seleksi terbuka pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta. Proses kegiatan yang dilaksanakan secara transparan dan terukur sesuai dengan kebutuhan.BKPSDM Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakuh. Informasi tentang penerimaan calon pegawai dan/atau pejabat Badan Publik; https://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/informasi-penerimaan-calon-pegawai-pejabat-badan-publik
i
Informasi tentang penerimaan calon peserta didik pada Badan PublikInformasi tentang proses penerimaan calon peserta didik di Kota SurakartaDinas Pendidikan Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakui. Informasi tentang penerimaan calon peserta didik pada Badan Publik; https://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/informasi-penerimaan-peserta-didik-badan-publik
3
Ringkasan Informasi tentang kinerjaBerisi informasi tentang realisasi kegiatan yang telah maupun sedang dijalankan beserta capaiannyaPPIDPPID 2024SoftfileSelama berlakuhttp://ppid.surakarta.go.id/informasi/laporan-akuntabilitas-kinerja/
4
Ringkasan Laporan KeuanganBerisi informasi ringkasan laporan keuangan yang memuat, antara lain:
a. Rencana dan Laporan realisasi anggaran
b. Neraca
c. Laporan arus kas dan CALK
d. Daftar aset dan investasi
e. Ringkasan RKA
f. Ringkasan DPA
g. Perda APBD
h. LKPD
i. Opini BPK-RI atas LKPD
Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/laporan-keuangan
5
Ringkasan Laporan Akses Informasi PublikBerisi ringkasan informasi permintaan informasi publik yang memuat:
a. Jumlah Permintaan Informasi Publik yang diterima;
b. Waktu yang diperlukan dalam memenuhi setiap permintaan Informasi Publik;
c. Jumlah Permintaan Informasi Publik yang dikabulkan baik sebagian dan yang ditolak;
d. Alasan Penolakan Permintaan Informasi Publik
PPIDPPID 2024SoftfileSelama berlakuhttp://ppid.surakarta.go.id/informasi/laporan-akses-informasi-publik/
6
Informasi tentang Peraturan, Keputusan, dan/atau Kebijakan yang mengikatBerisi informasi tentang:
a. daftar rancangan dan tahap pembentukan peraturan perundang-undangan, keputusan, dan/atau kebijakan yang sedang dalam proses pembuatan;
b. daftar peraturan perundang-undangan, keputusan, dan/atau kebijakan yang telah disahkan atau ditetapkan
Bagian Hukum Setda Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlaku https://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/produk-hukum-daerah
http://jdih.surakarta.go.id/
7
Informasi tentang prosedur memperoleh Informasi PublikBerisi informasi tentang:
a. tata cara memperoleh informasi publik;
b. tata cara pengajuan keberatan dan proses penyelesaian sengketa Informasi Publik berikut pihak-pihak yang bertanggungjawab yang dapat dihubungi
PPIDPPID2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/informasi-memperoleh-informasi-publik/
https://ppid.surakarta.go.id/pengajuan-keberatan-informasi/
8
Informasi tentang tata cara pengaduan penyalahgunaan wewenang atau pelanggaran oleh Badan PublikBerisi informasi tentang:
a. tata cara pengaduan penyalahgunaan wewenang atau pelanggaran oleh pejabat Badan Publik; dan
b. tata cara pengaduan penyalahgunaan wewenang atau pelanggaran oleh pihak yang mendapatkan izin atau perjanjian kerja dari Badan Publik yang bersangkutan
BKPSDM dan InspektoratPPID2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/archives/informasi/tata-cara-pengaduan
https://ulas.surakarta.go.id/
9
Informasi Pengadaan Barang dan Jasa PemerintahBerisi informasi tentang pengadaan barang dan jasa yang meliputi:
a. tahap perencanaan;
b. tahap pemilihan;
c. tahap pelaksanaan
Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/archives/info/informasi-berkala/pengadaan-barang-jasa/

https://lpse.surakarta.go.id/eproc4
10
Informasi KetenagakerjaanBerisi informasi tentang lowongan pekerjaanDinas Tenaga Kerja Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/informasi-ketenagakerjaan/
11
Informasi tentang prosedur peringatan dini dan prosedur evakuasi keadaan darurat di setiap kantor badan publikBerisi informasi tentang :
a. pengamatan gejala bencana;
b. analisis hasil pengamatan gejala bencana;
c. pengambilan keputusan oleh pihak yang berwenang;
d. peringatan bencana;
e. pengambilan tindakan oleh masyarakat;
f. lokasi evakuasi; dan
g. pelaksanaan penyelamatan dan evakuasi.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota SurakartaPPID2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/prosedur-evakuasi-dalam-keadaan-darurat/

B. INFORMASI WAJIB DIUMUMKAN SECARA SERTA MERTA

NoJenis InformasiRingkasan InformasiPejabat yang Menguasai Informasi Penanggung Jawab InformasiWaktu Pembuatan InformasiBentuk Informasi yang tersediaJangka Waktu Penyimpanan Jenis Media yang memuat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
Informasi yang dapat mengancam hajat hidup orang banyak dan ketertiban umumInformasi bencana alam merupakan bencana yang diakibatkan oleh
peristiwa atau
serangkaian peristiwa
yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir,
kekeringan, angin
topan, dan tanah
longsor
BPBD Kota SurakartaPPID2024Softfileselama berlaku https://ppid.surakarta.go.
id/info/informasi-serta-merta/
Informasi keadaan
bencana nonalam
merupakan bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau
rangkaian peristiwa
nonalam yang antara
lain berupa gagal
teknologi, gagal
modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit.
Dinas Kesehatan Kota SurakartaPPID2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.
id/info/informasi-sertamerta/
https://ppid.surakarta.go.
id/info/informasi-sertamerta/
https://ppid.surakarta.go.
id/info/informasi-serta-merta/
Informasi bencana
sosial merupakan
bencana yang diakibatkan oleh
peristiwa atau serangkaian peristiwa
yang diakibatkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas
masyarakat, dan teror
Badan Kesatuan Bangsa dan PolitikPPID 2024SoftfileSelama berlaku https://ppid.surakarta.go.
id/info/informasi-serta-merta/
Informasi tentang jenis, persebaran dan daerah yang menjadi sumber penyakit yang berpotensi menularDinas Kesehatan Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlaku https://ppid.surakarta.go.
id/info/informasi-serta-merta/
Informasi tentang racun
pada bahan makanan
Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlaku https://ppid.surakarta.go.
id/info/informasi-serta-merta/
Informasi tentang
rencana gangguan
terhadap utilitas publik
Dinas Perhubungan Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlaku https://ppid.surakarta.go.
id/info/informasi-serta-merta/

C. INFORMASI WAJIB TERSEDIA SETIAP SAAT

No
Jenis Informasi
Ringkasan Informasi
Pejabat yang Menguasai Informasi
Penanggung Jawab Informasi
Waktu Pembuatan Informasi
Bentuk Informasi yang tersedia
Jangka Waktu Penyimpanan
Jenis Media yang memuat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
Daftar Informasi Publik Kota Surakarta Berisi tentang: nomor, jenis informasi, ringkasan informasi, pejabat yang menguasai informasi, penanggung jawab informasi, waktu pembuatan informasi, bentuk informasi dan jangka waktu penyimpanan PPIDPPID2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/daftar-informasi-publik
2
Informasi tentang peraturan, keputusan, dan/atau kebijakan Badan Publik;Memuat informasi tentang:
a. dokumen pendukung;
b. masukan-masukan dari berbagai pihak atas peraturan, keputusan atau kebijakan yang dibentuk;
c. risalah rapat dari proses pembentukan peraturan, keputusan atau kebijakan yang dibentuk;
d. rancangan peraturan, keputusan atau kebijakan yang dibentuk;
e. tahap perumusan peraturan, keputusan atau kebijakan yang dibentuk; dan
f. peraturan, keputusan dan/atau kebijakan yang telah diterbitkan.
Sekretariat DPRD, Bagian Hukum Setda Kota SurakartaPPID 2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/info/informasi-setiap-saat/peraturan-keputusan-danatau-kebijakan


https://jdih.surakarta.go.id/
3
Informasi tentang organisasi, administrasi, kepegawaian, dan keuangan; Memuat informasi tentang:
a. pedoman pengelolaan organisasi, administrasi, personil dan keuangan;
b. profil lengkap pimpinan dan pegawai;
c. anggaran Badan Publik secara umum maupun anggaran secara khusus unit pelaksana teknis serta laporan keuangannya; dan
d. data statistik yang dibuat dan dikelola oleh Badan Publik.
BKPSDM Kota SurakartaPPID 2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/info/informasi-setiap-saat/pedoman-organisasi-administrasi-kepegawaian-dan-keuangan/
4
Surat-surat perjanjian dengan pihak ketiga berikut dokumen pendukungnya;Memuat dokumen perjanjian/MoU dan sejenisnya beserta dokumen pendukungnyaBagian Tata Pemerintahan Setda Kota SurakartaPPID 2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/dokumen-kerjasama
5
Surat menyurat pimpinan atau pejabat Badan Publik dalam rangka pelaksanaan tugas, fungsi, dan wewenangnyaMemuat tentang dokumen surat menyurat pimpinanBagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Setda Kota SurakartaPPID 2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/surat-menyurat-pimpinan/
6
Persyaratan perizinan, izin yang diterbitkan dan/atau dikeluarkan berikut dokumen pendukungnya, dan laporan penaatan izin yang diberikan;Berisi informasi panduan/persyaratan perizinanDPMPTSP Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlaku https://ppid.surakarta.go.id/informasi/syarat-syarat-perizinan/
7
Data perbendaharaan atau InventarisBerisi informasi tentang data perbendahaaran atau inventaris Pemerintah Kota SurakartaBPKAD Kota SurakartaPPID 2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/perbendaharaan-inventaris/
8
Rencana strategis dan rencana kerja Badan PublikBerisi tentang dokumen Renstra dan Renja Pemerintah Kota Surakarta BAPPEDA Kota SurakartaPPID 2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/dokumen-rencana-strategis-dan-rencana-kerja
9
Agenda kerja satuan pimpinan satuan kerja Berisi informasi agenda kerja dan kegiatan walikota, wakil walikota, dan sekretaris daerahBagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Setda Kota SurakartaPPID2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/info/informasi-setiap-saat/agenda-kerja/
10
Informasi mengenai kegiatan pelayanan Informasi PublikMemuat antara lain:
a. Sarana dan prasarana layanan Informasi Publik yang dimiliki beserta kondisinya;
b. Sumber daya manusia yang menangani layanan Informasi Publik beserta kualifikasinya;
c. Anggaran layanan Informasi Publik;
d. Laporan penggunaan anggaran.
PPIDPPID2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/kegiatan-pelayanan-informasi-publik/
11
Jumlah dan jenis dan gambaran umum pelanggaran yang ditemukan dalam pengawasan internal serta laporan penindakannya Memuat informasi jumlah dan jenis pelanggaran dalam pengawasan internal Inspektorat Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/pelanggaran-pengawasan-internal/
12
Jumlah dan jenis dan gambaran umum pelanggaran yang dilaporkan oleh masyarakat serta laporan penindakannya Memuat informasi data aduan yang dilaporkan masyarakat, kategori aduan serta respon terhadap aduanDISKOMINFO SP dan SATPOL PPPPID2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/laporan-pelanggaran/


https://ulas.surakarta.go.id
13
Daftar serta hasil-hasil penelitian yang dilakukanMemuat informasi tentang daftar serta hasil penelitian yang dilakukanBrida Kota SurakartaPPID 2024SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/daftar-penelitian/
14
Peraturan perundang-undangan yang telah disahkan serta kajian akademiknya Memuat informasi dokumen peraturan daerah yang telah disahkan beserta kajian naskah akademiknyaBagian Hukum Setda Kota SurakartaPPID 2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/info/informasi-setiap-saat/peraturan-keputusan-danatau-kebijakan


https://jdih.surakarta.go.id/
15
Informasi dan kebijakan yang disampaikan pejabat publik dalam pertemuan yang terbuka Memuat informasi tentang informasi dan kebijakan yang disampaikan walikota, wakil walikota, dan sekretaris daerah dalam pertemuan terbukaBagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Setda dan Diskominfo SP Kota SurakartaPPID 2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/informasi-dan-kebijakan/
16
Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala Berisi informasi publik yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkalaPPIDPPID2024SoftfileSelama berlaku https://ppid.surakarta.go.id/info/informasi- berkala/
17
Informasi tentang standar pengumuman informasi Berisi informasi tentang standar pengumuman informasiPPIDPPID2024Hardfile dan SoftfileSelama berlakuhttps://ppid.surakarta.go.id/informasi/standar-pengumuman-informasi/
© 2016-2021 PPID Kota Surakarta