Visi dan Misi

VISI :

” MEWUJUDKAN SURAKARTA SEBAGAI KOTA BUDAYA YANG MODERN, TANGGUH, GESIT, KREATIF DAN SEJAHTERA “

Visi ini merupakan gerak bersama pemerintahan dan segenap warganya untuk membangun karakter Kota Surakarta sampai tahun 2024, beralaskan semangat gotong royong sebagai modal sosial-budaya. Keempat karakter kota, yakni Tangguh, Kreatif, dan Sejahtera adalah fondasi keberlanjutan Surakarta sebagai kota modern bermodalkan warisan budaya gotong royong yang melekat pada warganya.

Tangguh menegaskan karakter kota dan warga yang memiliki daya tahan tinggi, dan segera bangkit dari dampak negatif pandemi Covid-19, baik dalam dimensi sosial maupun dampak ekonominya. Semangat kebangkitan ini, digerakkan dari alas semangat kesetiakawanan, gotong royong warga yang dipandu Pemerintah Kota, dan selanjutnya menjadi pembelajaran bersama untuk menentukan respon yang tangguh untuk menghadapi tantangan dan ancaman di masa mendatang.

Kreatif adalah karakter kota dan warga dalam menciptakan solusi atas permasalahan bersama, dan membangun peluang-peluang usaha dari sumber daya bersama di Surakarta. Pengembangan kreativitas warga memanfaatkan energi para pemuda dan pemudi Surakarta yang kini telah berkontribusi dalam membangun landasan lompatan maju kota ini.

Gesit adalah karakter dari pelayanan pemerintahan yang sigap membaca perubahan dan kreativitas warga, dengan menyesuaikan pola kerja dan pola pelayanan serta reformasi birokrasi. Pemerintahan yang gesit akan memungkinkan dampak dari lompatan-lompatan yang terjadi dapat dinikmati seluruh warga Surakarta.

Sejahtera adalah komitmen pemerintahan untuk melanjutkan dan terus berupaya untuk memperluas dan memperdalam landasan “Waras-Wasis-Wareg-Mapan-Papan” (3WMP). Dengan menjaga dan meningkatkan kesejahteraan umum, Surakarta terus berupaya memastikan kelanggengannya sebagai kota modern berbasis warisan budaya di Abad 21.

 

MISI :

Pertama, memastikan agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 dan memberi rasa aman kepada seluruh masyarakat Surakarta.

Kedua, masyarakat harus bisa melangsungkan kehidupan ekonominya dengan menyesuaikan dengan tatanan baru.

Ketiga, memajukan tata ruang, pariwisata dan pelestarian budaya untuk kemajuan kota.

Keempat, meningkatkan kepemimpinan pemuda di bidang ekonomi, seni budaya, dan olah raga.

Kelima, mengembangkan semangat gotong royong dan kebhinekaan.

Keenam, mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bersama warga kota.

Ketujuh, mewujudkan pola kerukunan antarumat beragama yang saling menghormati.

Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta
Komplek Balaikota Surakarta
Jl. Jendral Sudirman No. 2 Surakarta

Telepon dan Fax : (0271) 2931669
Email : ppid@surakarta.go.id

Langganan Berita

DOWNLOAD SOLO DESTINATION

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 3
  • 43
  • 117,585

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget
top
© 2016-2019 PPID Kota Surakarta