Setup Menus in Admin Panel

Diskominfo SP mengadakan Rapat Koordinasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Surakarta Tahun 2023 di Solia Hotel Yosodipuro Solo, Selasa (07/3/2023).

Rapat koordinasi dipimpin oleh Kepala Diskominfo SP Heny Ermawati, SH., M.Hum dan menghadirkan Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Sutarto, SH., M.Hum sebagai narasumber.

Koordinasi dihadiri oleh seluruh PPID Pelaksana Kota Surakarta dan dilaksanakan untuk memberikan informasi terkait pelaksanaan dan pengelolaan informasi PPID di tahun 2023.

Heny menyampaikan bahwa laporan pelayanan informasi publik (PPID) Kota Surakarta menjadikannya kota informatif tahun 2022 dengan nilai 99,87. Oleh karena itu, Diskominfo SP sebagai PPID Kota Surakarta menyampaikan apresiasi atas kerjasama PPID Pelaksana karena berhasil meningkatkan nilai indeks keterbukaan informasi publik.

Heny memaparkan kegiatan koordinasi pengelolaan informasi publik di tahun 2022, contohnya memberi pendampingan pengisian DIP pada website kelurahan dan membentuk grup Whatsapp yang berisi admin PPID Pelaksana di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta. Heny juga menyampaikan komitmen pemerintah Kota Surakarta terkait anggaran Diskominfo SP yang berkaitan dengan PPID dan penyebaran Informasi publik.

Selanjutnya, Sutarto memberikan materi tentang Kewajiban Badan Publik Membangun dan Mengembangkan Sistem Informasi dan Dokumentasi Secara Baik dan Efisien. Sutarto menjelaskan kewajiban badan publik yaitu menyediakan informasi publik yang akurat dan berhak menolak memberikan informasi publik apabila tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sutarto juga menjelaskan tugas PPID sesuai pasal PerKI No. 1/2021. Standar pengumuman informasi dapat di akses melalui laman resmi PPID atau media sosial. Lalu untuk standar dokumentasi informasi publik harus terdapat bukti fisik, tanda tangan, tanggal, dan bukti register.

Pada akhir kegiatan, Diskominfo SP mengingatkan kepada peserta rapat untuk formulir di cek kembali terkait isi data yang harus dikirimkan ke PPID apabila ada pemohonan informasi untuk bisa dicatat sesuai yang terdapat di website PPID.

Diskominfo SP ngawontenaken Rapat Koordinasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Surakarta Taun 2023 wonten ing Solia Hotel Yosodipuro Solo, dinten Seloso (07/3/2023).

Rapat koordinasi dipnpangagengi dening Kepala Diskominfo SP Heny Ermawati, SH., M.Hum lan ngrawuhaken narasumber Koordinator Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Sutarto, SH., M.Hum.

Koordinasi dipunrawuhi dening sadoyo PPID Pelaksana Kota Surakarta lan katindakaken kangge maringi informasi kekait lampahing pengelolaan informasi PPID ing taun 2023.

Heny maringi pangandikan bilih laporan pelayanan informasi publik (PPID) ndadosaken Kota Surakarta kota informatif taun 2022 ingkang nggadahi biji 99,87. Pramilo, Diskominfo SP minongko PPID Kota Surakarta ngaturaken apresiasi awit kerjasama PPID Pelaksana ingkang sampun kasil ningkataken nilai indeks keterbukaan informasi publik.

Heny ngendikakaken kegiatan koordinasi pengelolaan informasi publik ing tahun 2022, upaminipun maringi pendampingan ngisi DIP ing website kelurahan lan ndamel grup Whatsapp ingkang isinipun admin PPID Pelaksana ing lingkungan Pemerintah Kota Surakarta. Heny ugi ngendiko komitmen Pemerintah Kota Surakarta bab anggaran Diskominfo SP ingkang kaitanipun kaliyan PPID lan penyebaran informasi publik.

Saklajengipun, Sutarto maringi materi bab Kewajiban Badan Publik Membangun dan Mengembangkan Sistem Informasi dan Dokumentasi Secara Baik dan Efisien. Sutarto njlentrehaken kewajiban badan publik inggih meniko nyedhiyakaken informasi publik ingkang akurat lan kagungan hak nolak maringi informasi publik menawi mboten sesuai kaliyan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sutarto ugi njlentrehaken tugas PPID sesuai pasal PerKI No. 1/2021. Standar pengumuman informasi saged dipunakses ing laman resmi PPID utawi media sosial. Saklajengipun kangge standar dokumentasi informasi publik kedah wonten bukti fisik, tanda tangan, tanggal, lan bukti register.

Wonten ing pungkasanipun kegiatan, Diskominfo SP ngemutaken dhateng peserta rapat kangge mrikso formulir kekait isi data ingkang kedah dipunkintunaken dhateng PPID menawi wonten pemohonan informasi kangge saged dipuncatat ingkang cocog ing website PPID.

Diskominfo SP held a Coordination Meeting for Information and Documentation Management (PPID) of Surakarta City in 2023 at Solia Hotel Yosodipuro Solo, Tuesday (07/03/2023).

The coordination meeting is chaired by the Head of Diskominfo SP Heny Ermawati, SH., M.Hum and presented the Coordinator for Information Dispute Resolution of the Central Java Provincial Information Commission Sutarto, SH., M.Hum as a resource person.

The coordination is attended by all PPID Implementers of Surakarta City and is carried out to provide information related to the implementation and management of PPID information in 2023.

Heny said that the public information service report (PPID) of Surakarta City mae it an informative city in 2022 with a value of 99.87. Therefore, Diskominfo SP as PPID of Surakarta City expressed its appreciation for the cooperation of PPID Implementers because it succeeded in increasing the value of the public information disclosure index.

Heny explained the coordination activities for public information management in 2022, for example, providing assistance in filling out DIP on the village website and forming a Whatsapp group containing the Implementing PPID admin within the Surakarta City Government. Heny also conveyed the commitment of the Surakarta City government regarding the SP Diskominfo budget related to PPID and the dissemination of public information.

Furthermore, Sutarto provided material on the Obligations of Public Bodies to Build and Develop Information and Documentation Systems in a Good and Efficient Manner. Sutarto explained the obligation of public bodies to provide accurate public information and the right to refuse to provide public information if it is not in accordance with the provisions of laws and regulations.

Sutarto also explained the duties of PPID in accordance with article PerKI No. 1/2021. Standard information announcements can be accessed through the official PPID website or social media. Then for standard public information documentation there must be physical evidence, signature, date, and proof of register.

At the end of the activity, Diskominfo SP reminded the meeting participants to check the form again regarding the contents of the data that must be sent to PPID if there is an information request to be recorded according to what is contained on the PPID website.

Mari Berbagi Informasi Kota Surakarta :
07/03/2023
© 2016-2021 PPID Kota Surakarta