Satu-Satunya Radio Anak Ada di Surakarta

Untuk mewujudkan Kota Surakarta sebagai Kota Layak Anak, Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan radio anak bernama Radio Anak Konata. Radio Anak Konata menjadi satu-satunya radio anak di Indonesia. Radio ini memuat konten dunia anak seperti lagu anak, dongeng, maupun bincang-bincang seputar anak.

Sepulang anak dari sekolah, kini para orang tua tak perlu khawatir soal hiburan mereka. Anak-anak dapat belajar sembari bermain dengan mendengarkan Radio Anak Konata. Radio ini mengudara dari Taman Cerdas Jebres, di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres. Dari taman tersebut, radio ini mengudara setiap hari dengan siaran on air langsung mulai pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.

Meski utamanya untuk anak-anak, sasaran pendengar Radio Anak Konata ternyata juga para orang tua. Selain dominasi konten lagu anak, radio ini juga mengundang para pakar anak yang akan berbagi inspirasi tentang cara mendidik anak.

Satu Satunya Radio Anak Ada di Surakarta

Selain itu, Pemkot Surakarta juga berencana menggabungkan on air dan off air sehingga kegiatan seperti dongeng bersama dapat diikuti seluruh warga maupun didengarkan melalui siaran radio.

Selain memberikan suguhan konten mendidik bagi anak, Radio Anak Konata juga menjadi tempat belajar bagi penyiar cilik. Saat ini ada belasan penyiar cilik yang bergantian memandu siaran. Rata-rata mereka masih siswa sekolah dasar, namun sudah fasih berbicara layaknya penyiar profesional.

Pemerintah Kota Surakarta menggandeng Forum Anak Surakarta yang ada di 51 kelurahan yang ada. Penjaringan pun dilakukan di tiap kelurahan untuk mencari anak-anak yang berpotensi menjadi penyiar. Selain mendapat pengetahuan tentang radio dari penyiar senior, anak-anak tersebut belajar meningkatkan kepercayaan diri mereka dan melatih berbicara di depan umum.

Sementara ini, Radio Anak Konata bisa didengarkan melalui aplikasi Solo Destination yang dapat diunduh ke perangkat telepon pintar. Pemkot Surakarta tengah memproses frekuensi resmi dari pemerintah pusat agar jaringan Radio Anak Konata bisa tersebar lebih luar serta memberikan manfaat lebih banyak bagi anak-anak di Indonesia.

Mari Berbagi Informasi Kota Surakarta :
26 Juni 2017

0 responses on "Satu-Satunya Radio Anak Ada di Surakarta"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

Kantor Bagian Humas dan Protokol
Sekretariat Daerah Kota Surakarta
Komplek Balaikota Surakarta
Jl. Jendral Sudirman No. 2 Surakarta

Telepon dan Fax : 0271 641 461
Email : humas.solo@gmail.com

Langganan Berita

DOWNLOAD SOLO DESTINATION

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 18
  • 44
  • 82.393

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget
top
© 2016-2017 PPID Kota Surakarta