Pemkot Surakarta Ikuti Rakernas APEKSI XIV di Kota Semarang

Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo beserta Jajaran Organisasi Perangkat Daerah Kota Surakarta mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2019 yang digelar di Ball Room Hotel PO Semarang Jl. Pemuda No. 118.

Total ada 98 kota yang tergabung dalam anggota APEKSI, 92 kota diantarannya mengikuti rakernas. Ketua APEKSI Airin Rachmi Diany menyampaikan tujuan rakernas membahas berbagai permasalahan terkait penyelenggaraan pemerintahan daerah, menampung serta mengakomodir berbagai usulan anggota untuk selanjutnya disampaikan kepada pihak terkait, serta meninjau program kerja organisasi untuk peningkatan kapasitas pemerintah daerah masing-masing.

Menteri Dalam Negri Tjahjo Kumolo mengungkapkanPemerintah kota melalui apeksi harus terus mengawal dan mendukung program agar pencapaian yang berkaitan dengan sisa anggaran pembangunan dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) tahun 2014-2019 harus bisa terlaksana dengan baik, berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar di 93 daerah otonom dan 5 daerah kota administratif untuk segera mengambil langkah penyesuaian terhadap perancangan RPJMN 2020-2025, sebagai penjabaran visi misi presiden dan wakil presiden terpilih.

Dalam rancangan perubahan hasil-hasil RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) pemerintah kota sehingga sinkronisasi pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik. Kemudian pemerintah kota harus mampu menjadi contoh tentang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik dengan pendekatan digital serta administrasi layanan publik yang cepat serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah per kota.

“Sedangkan kita sadari bersama bahwa pemerintah kota akan terus dihadapkan dengan tantangan yang pastinya juga akan lebih besar di masa depan diantaranya adalah tingkat urbanisasi yang masih tetap tinggi, pembukaan lapangan kerja, penyediaan perumahan dan kebutuhan pokok yang layak serta persoalan transportasi yang semakin kompleks. Pemerintah kota melalui apeksi diharapkan terus membangun kerjasama yang baik, membangun konektivitas, dengan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota agar permasalahan dapat ditangani dengan sinergisi,” jelasnya.

Rakernas APEKSI XIV mengusung tema Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah Untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah.

Mari Berbagi Informasi Kota Surakarta :
3 July 2019

0 responses on "Pemkot Surakarta Ikuti Rakernas APEKSI XIV di Kota Semarang"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta
Komplek Balaikota Surakarta
Jl. Jendral Sudirman No. 2 Surakarta

Telepon dan Fax : (0271) 2931669
Email : ppid@surakarta.go.id

Langganan Berita

DOWNLOAD SOLO DESTINATION

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 65
  • 90
  • 101,384

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget
top
© 2016-2019 PPID Kota Surakarta