Visi Misi Walikota Surakarta 3WMP dan 5 Budaya

Arah setiap kebijakan, pelayanan, dan pemberian fasilitas Pemerintah Kota Surakarta kepada masyarakat tentu berpijak pada visi dan misi. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2016 visi Kota Surakarta yakni terwujudnya Kota Surakarta sebagai Kota Budaya, Mandiri, Maju, dan Sejahtera. Sedangkan misinya mewujudkan masyarakat yang waras, wasis, wareg, mapan, dan papan. Masyarakat Surakarta mengenalnya dengan sebutan 3WMP dan 5 Budaya.

Dalam 3WMP, Waras (sehat) berarti Pemerintah Kota Surakarta berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang sehat jasmani, rohani, dan sosial dalam lingkungan hidup yang sehat pula. Hal tersebut dilakukan untuk menuju masyarakat yang produktif, kreatif, dan sejahtera, serta membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Huruf W yang kedua berarti Wasis atau dalam bahasa Indonesia berarti berpendidikan. Pemerintah Kota Surakarta berusaha keras mewujudkan masyarakat yang cerdas, terampil, berbudi pekerti luhur, berkarakter, dan berkontribusi terhadap kemajuaan daya saing kota.

Sedangkan W yang terakhir yakni Wareg atau tercukupi. Dengan semboyan ini berarti Pemerintah Kota Surakarta berusaha mewujudkan masyarakat kota yang produktif, mampu memenuhi kebutuhan dasar baik jasmani dan rohani. Hal tersebut harus sejalan dengan masyarakat yang mandiri dan pastisipasif dalam membangun kesejahteraan kota.

Mapan berarti usaha Pemerintah Kota Surakarta untuk mewujudkan masyarakat yang tertib, aman, damai, berkeadilan, berkarakter dan berdaya saing. Perwujudannya melalui pembangunan daerah yang tentu saja akuntabel, baik sektoral, kewilayahan, dan kependudukan. Selain itu juga melalui tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, responsif, dan bersifat melayani.

Sedangkan Papan merupakan usaha untuk mewujudkan keseimbangan kebutuhan papan serta daya dukung dan daya tampung lingkungan dengan dinamika kebutuhan pertumbuhan penduduk. Seluruhnya disesuaikan dengan jalan menuju Kota Surakarta yang berwawasan pembangunan berkelanjutan.

3WMP sebagai misi Pemerintah Kota Surakarta dan Walikota FX Hadi Rudyatmo dilengkapi dengan 5 budaya. Kelimanya yakni Budaya Hidup Gotong Royong, Budaya Memiliki, Budaya Merawat, Budaya Menjaga, dan Budaya Mengamankan Kota Surakarta beserta segala macam isinya.

Mari Berbagi Informasi Kota Surakarta :
18 Mei 2017

Kantor Bagian Humas dan Protokol
Sekretariat Daerah Kota Surakarta
Komplek Balaikota Surakarta
Jl. Jendral Sudirman No. 2 Surakarta

Telepon dan Fax : 0271 641 461
Email : humas.solo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 90
  • 22.211
  • 847.597

Langganan Berita

DOWNLOAD SOLO DESTINATION

Like Us On Facebook

top
© 2016-2017 PPID Kota Surakarta