KECAMATAN SERENGAN

Serengan adalah kecamatan yang terletak di selatan Kota Surakarta dan merupakan kecamatan terkecil kota ini. Meskipun kecil, wilayah ini sangat padat. Dimana terdapat 12,771 penduduk dan 2,772 Kepala keluarga dengan rata-rata ukuran keluarga 4.6 orang per keluarga . Banyak terdapat industri rumahan di sini. Mereka memproduksi kerajinan dari kain perca. Kemiskinan di Serengan relatif rendah dengan kepemilikan sertifikat yang tinggi dibanding Kelurahan lain yaitu 80% serta terdistribusi secara merata. Hal ini merupakan aset penting sebagai bentuk stabilitas Kelurahan. Banyak terdapat industri kecil yang menciptakan lapangan kerja lokal seperti industri blangkon, shuttlecock, dan konveksi.

Dalam bidang pendidikan, dari 574 anak usia sekolah, hanya 25 anak tidak bersekolah. Jumlah ini sama dengan rata-rata kecamatan yaitu 4%. Namun, anak tidak sekolah kebanyakan terdapat di daerah miskin yang memungkinkan ereka akan kesulitan mengakses pekerjaan di masa datang. Akses PDAM di serengan sudah di atas rata-rata di bagian timur. Warga Serengan barat lebih banyak memakai sumur pribadi, sedangkan masalah tentang kepemilikan WC pribadi di sebelah timur Jl. Arjuno II. Namun, akses WC umum juga rendah yaitu di bawah rata-rata kecamatan yang mencapai 24%.

Isu kesehatan utama yang dihadapi oleh kecamatan serengan yaitu kurangnya layanan kesehatan. Serta adanya penyakit yang disebabkan karena kualitas air yang buruk juga merupakan salah satu masalah bagi warga bantaran sungai, dimana kondisi Sungai Jenes sering mengakibatkan DB dan Cikungunya. Beberapa aset yang dimiliki oleh erengan adalah semangat komunitas yang tinggi Banjir di wilayah tepian sungai Kepadatan penduduk Wirausaha lokal Layanan publik yang cukup baik.

Kecamatan Serengan
Alamat : Jl. Sadewa No. 39 Surakarta
Anggaran 2018 : Rp. 1.639.207.500
Telepon : (0271) 643624
Email : Kel-serengan@surakarta.co.id
Facebook :

Mari Berbagi Informasi Kota Surakarta :
7 May 2019

Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta
Komplek Balaikota Surakarta
Jl. Jendral Sudirman No. 2 Surakarta

Telepon dan Fax : (0271) 2931669
Email : diskominfosp@surakarta.go.id

Langganan Berita

DOWNLOAD SOLO DESTINATION

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 2
  • 37
  • 90,775

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget
top
© 2016-2019 PPID Kota Surakarta