Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Seperti kota-kota lain, Kota Surakarta pun tak luput dari bencana alam. Banjir menjadi bencana alam yang sering terjadi karena wilayah Kota Surakarta berbatasan langsung dengan Sungai Bengawan Solo di sebelah timur. Potensi bencana alam lainnya seperti angin puting beliung dan lainnya mengingat cuaca ekstrim yang kerap terjadi.

Penanggulangan permasalahan terkait dengan bencana baik itu maupun bencana alam maupun lainnya tersebut diorganisir oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Surakarta. Hadirnya BPBD Kota Surakarta bertujuan mewujudkan Kota Surakarta sebagai kawasan yang aman dari bencana. BPBD pun melakukan upaya dengan melaksanakan pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan bencana secara efektif dan efisien.

Salah satu program BPBD Kota Surakarta yakni Pencegahan Dini dan Penanggulangan Bencana Alam yang terdiri dari dua kegiatan pokok: Pertama, pemantauan dan penyebarluasan informasi dengan mengadakan sosialisasi kebencanaan di lima kecamatan di Kota Surakarta. Kedua, pengadaan logistik dan obat-obatan bagi penduduk di tempat penampungan sementara. Logistik dan  obat-obatan tersebut dipersiapkan dan diberikan sewaktu terjadi sebuah bencana.

Dengan program tersebut diharapkan tak hanya penanganan paska bencana saja yang tertangani tapi penanggulangan sebelum bencana untuk memberikan kewaspadaan kepada masyarakat Kota Surakarta. Selain program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Bencana Alam, terdapat program lain termasuk pengendalian banjir yang paling kerap terjadi di kawasan bantaran Sungai Bengawan Solo.

Dalam pelaksanaannya BPBD Kota Surakarta memiliki anggaran sebesar Rp.1.815.000.000 tahun ini. Seluruh aparatur BPBD Kota Surakarta dibawah komando Eko Prajudhy Noor Aly, SE., MM sebagai Kepala BPBD Kota Surakarta. Penanganan bencana BPBD dibantu sejumlah relawan seperti tim SAR dan lainnya. Seluruh upaya, daya, dan tenaga dilakukan untuk menciptakan Kota Surakarta yang aman dan nyaman tanpa adanya bencana.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Surakarta

Alamat                : Komplek Balai Kota Surakarta atau Jalan Jenderal Sudirman Nomor 2, Surakarta

Anggaran 2017  : Rp.1.815.000.000

Telepon              : (0271) 2932476

Email                   : Bpbd_surakarta@yahoo.co.id

Facebook           : Bepebede solo

Twitter                : @bpbdKotaSolo

Instagram          : Bpbd Kota Solo

 

Mari Berbagi Informasi Kota Surakarta :
5 Juli 2017

Kantor Bagian Humas dan Protokol
Sekretariat Daerah Kota Surakarta
Komplek Balaikota Surakarta
Jl. Jendral Sudirman No. 2 Surakarta

Telepon dan Fax : 0271 641 461
Email : humas.solo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • 0
  • 27
  • 22.472
  • 849.321

Langganan Berita

DOWNLOAD SOLO DESTINATION

Like Us On Facebook

top
© 2016-2017 PPID Kota Surakarta